Welcome...., Let's enjoy this site!!!

BoedakBageur's Blog

Grab this Headline Animator

Sabtu, 06 Juni 2009

Cara Meningkatkan Ingatan

Jika Anda lupa akan sesuatu dan ingin segera mengingatnya kembali? Cobalah lirikkan mata Anda ke kanan dan ke kiri berulang kali selama 30 detik.

Dalam kehidupan sehari-hari pasti semua orang pernah mengalami yang namanya lupa. Lupa menyimpan kunci, dompet, dokumen, jadwal bahkan lupa janji. Tentunya hal ini bisa sangat merugikan dan membuat Anda kesal, terlebih hal yang lupa itu merupakan hal yang sangat peting sekali. Mungkin tips ini bisa menjadi solusi yang bisa membantu Anda mengigat kembali sesuatu yang Anda lupa.


Ya, dengan menggerakkan mata secara horisontal ke kiri dan ke kanan diyakini ampuh untuk meningkatkan komunikasi antarbagian otak, salah satunya untuk membangkitkan kembali ingatan. Ini diperkuat dengan pernyataan seorang psikolog dari Universitas Toledo, “Gerakan mata mungkin membantu orang mengidentifikasi sumber yang benar ke memori mereka”. Diperkuat dengan laporan yang ditulis dalam jurnal Brain and Cognition edisi April, ia telah membuktikan bahwa gerakan mata secara mendatar meningkatkan kemampuan seseorang untuk mengingat kembali tulisan sebuah kata yang pernah dilihatnya. Hal ini mungkin dipicu kolaborasi efek gerakan mata yang akan mengaktifkan otak kanan jika mata melirik ke kiri dan mengaktifkan bagian otak kiri jika mata melirik ke kanan.

Namun, Andrew Parker dan koleganya dari Universitas Metropolitan Manchester, Inggris masih penasaran dengan efek ini. Ia juga ingin mengetahui apakah cara yang sama juga dapat meningkatkan kemampuan seseorang mencocokkan kata yang baru dilihat.

Mencocokkan memori berbeda dengan membangkitkan memori. Orang yang berusaha mengenali memori cenderung melakukan kesalahan yang disebut kesalahan pemantauan sumber (source monitoring error). Misalnya, seseorang memperoleh kosakata baru, namun ia mengenalinya sebagai kata lainnya yang punya kemiripan. Saat ia dihadapkan dengan kata yang sama dikesempatan berikutnya, ia menganggap kata itu baru padahal mungkin ia pernah mengetahuinya.

Untuk menguji apakah pergerakan mata secara horizontal ini dapat mengurangi kesalahan pemantauan sumber, Parker melakukan percobaan terhadap 120 orang mahasiswa. Masing-masing diperdengarkan rangkaian 15 kata selama 20 kali. Beberapa rangkaian kata terdengar hampir mirip sehingga kemungkinannya salah dipersepsikan tinggi.

Setelah seluruh rangkaian kata diperdengarkan, sepertiga orang mahasiswa tersebut diminta mengikuti gerakan objek di depan layar computer yang bergerak dari kiri ke kanan berulang kali selama 30 detik. Sepertiga lainnya mengikuti gerakan objek dari atas ke bawah, sedangkan sisanya tidak melakukan apapun.

Kemudian, masing-masing dihadapkan pada daftar kata dan diminta memilih kata yang pernah mereka dengarkan. Jika memilih kata yang salah, dipastikan mereka melakukan kesalahan pemantauan sumber karena tidak dapat mengenali kata yang didengar sebagaimana mestinya. Mahasiswa yang lirak-lirik ke kanan dan ke kiri ternyata dapat mengingat kata yang benar 10 persen lebih banyak dan melakukan kesalahan mengenali kata 15 persen lebih rendah daripada mahasiswa lainnya yang lirak-lirik ke atas dan ke bawah atau tidak melakukan keduanya sama sekali.

3 komentar:

Anor Priatno mengatakan...

Izin Copy Ya... Ke
anorcamoli.Blogspot.com

Anonim mengatakan...

maaf bung,ana copy.....

muhaemin mengatakan...

mantap gan sangat bermanfaat sekal infonya kalo ada wktu maen yyaa di blog ane d http;//minzscreamo.blogspot.com

Posting Komentar