Welcome...., Let's enjoy this site!!!

BoedakBageur's Blog

Grab this Headline Animator

Minggu, 03 Juli 2011

Kiat & Tips Memilih Sepatu Olahraga yang Tepat


Berolahraga merupakan aktivitas yang penting bagi kesehatan tubuh. Ada banyak jenis olahraga yang dapat dipilih untuk dilakukan dari yang sederhana sampai dengan yang memerlukan keahlian dan keterampilan khusus. Olahraga yang paling sederhana dan mudah dilakukan yaitu berjalan. Namun dari sekian banyaknya pilihan tersebut, tujuan utamanya adalah satu yaitu membuat tubuh menjadi sehat.

Berolahraga pun dapat menjadi sebuah hobi sampai dengan profesi. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa sudah banyak orang yang menggantungkan hidupnya dengan menjadi seorang atlet bahkan sampai menjadi terkenal layaknya seorang artis. Pada tahapan seperti ini, seseorang ketika melakukan aktivitas olahraga tersebut pasti sangat memperhatikan berbagai aspek untuk menunjang performanya. Salah satunya adalah dari segi aksesoris yang dipakai yaitu sepatu.
Sepatu ini tidak hanya diperlukan oleh para pelaku olahraga professional tapi juga oleh siapa saja yang akan berolahraga. Memang pada dasarnya seseorang bisa saja berolahraga tanpa menggunakan sepatu, tetapi bila dilihat dari segi manfaatnya berolahraga dengan memakai sepatu lebih baik. Sepatu dapat menjadi pelindung kaki dari benda-benda yang membahayakan, memberikan kenyamanan ketika berolahraga, mencegah terjadinya cedera, selain itu dengan desainnya yang beragam dapat memberikan keunggulan modis tersendiri bagi yang memakainya.
Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan ketika memilih sepatu olahraga, berikut ini kiat dan tips memilih sepatu olahraga :

Kenyamanan & Kekuatan

Nyaman berarti pas atau sesuai dengan ukuran dan bentuk kaki. Berkaitan dengan hal tersebut, seperti yang ditulis pada sebuah artikel di Okezone.com Dr. Meidy menyebutkan bahwa kaki manusia terbagi dalam tiga bagian yaitu: kaki normal (normal foot), kaki datar (flat foot), dan kaki condong ke dalam (high arch foot). Untuk itu, disarankan memilih sepatu dengan bahan dari kulit sintetis dikarenakan bahan tersebut memiliki sifat yang dapat menyesuaikan dengan bentuk kaki.
Dalam memilih sepatu olahraga, perhatikan pula aspek kekuatan sepatu. Terlebih bagi seorang atlet profesional yang mana intensitas dalam berolahraga sudah pasti sangat tinggi. Jika sepatu yang dipakai tidak memiliki kekuatan yang bagus tentunya akan sering mengganti sepatu karena cepat rusak. Dr. Meidy juga mengatakan bahwa fungsi utama kaki adalah sebagai proteksi. Tentunya, agar sepatu yang dipakai memberikan proteksi yang maksimal harus memiliki kekuatan.

Medan atau Tempat berolahraga

Tempat di mana kita melakukan kegiatan berolahraga menentukan desain sepatu yang sebaiknya digunakan terutama pada bagian alas sepatu. Ini diperlukan agar sepatu saat digunakan dapat menyesuaikan dengan kondisi lapangan sehingga yang menggunakannya dapat melakukan gerakan-gerakan secara maksimal. Semakin tinggi tingkat kekerasan dari lapangan atau permukaan tanah maka biasanya jumlah stud/pul pada bagian belakang atau depan semakin banyak. Lain lagi untuk lapangan indoor dengan rumput buatan, sebaiknya Anda menggunakan sepatu dengan alas turf (stud dengan ukuran kecil-kecil dan jumlahnya banyak). Sedangkan sepatu dengan alas yang datar tanpa stud atau turf lebih cocok digunakan pada lapangan indoor yang berlantai halus atau datar.

1 komentar:

agen sbobet mengatakan...

penting nih tips memilih sepatu yang ideal. info nya sangat bagus dan bermanfaat

Posting Komentar